DIRGANTARA UTAMA

JAKARTA BUKA TUTUP JALAN MENJELANG OBAMA

Sejumlah ruas jalan di Jakarta pada hari ini, Selasa (09/11) dan esok, Rabu (10/11) akan diberlakukan sisten buka tutup.  Kebijakan ini ditempuh Polda Metro Jaya dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Husein Obama yang dijadwalkan ke Jakarta hari ini.



Polisi telah menyiapkan lokasi jalan yang dibuka-tutup. Penutupan jalan dilakukan agar konvoi rombongan Obama bisa melintas dengan lancar.
Menurut Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa jalan yang akan ditutup itu berlaku selama dua hari kunjungan.  Pada Selasa, (09/11) rombongan Obama akan tiba di Lapangan Udara Halim Perdanakusumah pukul 16.30 WIB. Rombongan lalu menuju ke Istana Negara. Rute yang ditempuh melewati tol dalam kota lalu keluar Semanggi dan menuju Istana.
Setelah dari Istana, rombongan akan ke Hotel Shangri-La dengan melewati Jalan Merdeka Barat, MH Tharim dan Sudirman.Rombongan akan melewati jalan yang sama untuk menuju Istana Negara pada malam harinya untukk jamuan makan. Setelah itu kembali ke Shangri-La, usai jam makan malam.
Selanjutnya pada Rabu (10/11) sejumlah jalan juga akan ditutup. Jalan yang ditutup pada pukul 10.00-11.00 WIB dari arah Shangri-La menuju Masjid Istiqlal yang melewati Sudirman, Merdeka Timur lalu Istiqlal.
Setelah dari Istiqlal, rombongan akan menuju ke Kampus Universitas Indonesia (UI) dengan lewat tol dalam kota lalu menuju tol Cawang dan masuk Tol JORR. Dari tol JORR rombongan akan keluar di pintu tol Depok.
Setelah dari kampus UI rombongan akan menuju ke Taman Makam Pahlawan Kalibata lalu lagi ke Halim Perdana Kusumah melewati jalan tol.
"Ketika rombongan lewat akan dilakukan buka tutup. Dilakukan pas kedatangan nanti," kata Royke.
Untuk pengaturan lalu lintas saat kunjungan Obama, Dirlantas Polda menurunkan ribuan personel. "Kalau dari Dirlantas Polda sekitar 4.000 petugas. Semua anggota lalu lintas turun," ujar Royke.
Sebelumnya, Polri memberikan imbauan kepada masyarakat yang akan menggelar unjuk rasa terkait kunjungan Obama. Demo-demo harus sesuai dengan aturan. Selama demonya baik-baik polisi menyatakan siap akan kawal. “Tolong jangan buat hal yang memalukan bangsa dan negara," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan.