DIRGANTARA UTAMA

MPR: Obama Populerkan Bhinneka Tunggal Ika

Salut benar Ketua MPR Taufiq Kiemas dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pasalnya, Obama turut mempopulerkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ke dunia intenasional. Itu dilakukan Obama saat memberikan kuliah umum di Univesitas Indonesia Rabu (10/11).












Taufiq Kiemas, kemarin, menyebutkan, apa yang dilakukan Obama tersebut termasuk menyosialisasikan dua dari empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ke dunia internasional.

"Ketika menyampaikan pidato di kampus Universitas Indonesia, Presiden Obama menyinggung Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal itu merupakan bagian dari empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," kata Taufiq Kiemas usai menerima kunjungan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin.

sebagaimana diketahui, Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Indonesia pada 9-10 November 2010. Obama sempat memberikan kuliah umum selama sekitar 30 menit di kampus Universitas Indonesia, Depok.

Pidato Presiden Obama di kampus Universitas Indonesia itu disiarkan media massa ke dunia internasional. Pada kesempatan itu, Presiden Obama menyebutkan dua dari empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia yakni Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Itu berarti Presiden Obama orang paling komunikatif di dunia sudah membantu menyosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ke dunia internasional," kata Taufiq Kiemas.

Taufiq berharap agar pilar Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila yang merupakan wujud penghormatan atas heterogenitas suku, agama, dan ras, dalam suatu kehidupan bermasyarakat, bisa diterapkan di dunia internasional.

Taufiq menambahkan, Indonesia selama ini sudah menerapkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat. Selama ini masyarakat Indonesia yang beragam bisa hidup berdampingan secara damai dalam kehidupan bermasyarakat.